Terlahir di Korea dan di besarkan di Aspen, Colorado. Chef Akira Back menyajikan petualangan dan kreativitas tak terbatas kepada setiap kreasi kulinernya. Mengikuti suksesnya Kumi Japanese Restaurant & Bar yang berlokasi di Mandalay Bay dan yang sudah tak asing lagi yaitu Yellowtail Japanese Restaurant & Bar yang berada di Bellagio Resort & Casino, Las Vegas. Kini Chef Akira Back juga telah siap untuk membuka Akira Back New Delhi tahun ini dan Akira Back Jakarta pada 2014.

Chef Akira Back menampilkan menu-menu menarik dan “inventive” namun tetap membubuhkan cita rasa klasik dari hidangan Jepang dan juga selalu menonjolkan hidangan yang inovatif dengan menggunakan bahan-bahan paling segar dari para pemasok bahan pangan top dunia.

Sebelum akhirnya “banting setir” ke dunia kuliner, Chef Back menghabiskan tahun-tahun pertama karirnya sebagai seorang “Snowboarder” profesional di Colorado, beberapa kali muncul di beberapa film laga ekstrim dan mengumpulkan pujian dari banyak publikasi-publikasi olahraga papan atas. Pada awalnya Back mulai bekerja pada restoran-restoran lokal dan mendapat pemasukan guna memenuhi kebutuhannya sebagai seorang atlit olahraga ekstrim. Setelah tujuh tahun di dunia pro-snowboarding, Back sadar bahwa ia merasakan sensasi yang sama di dapur seperti yang ia juga rasakan di papan seluncur es miliknya, yang akhirnya membentuk keputusannya untuk mengejar karir penuh di dunia kuliner.

Chef Back mendapatkan studi untuk belajar di the International Culinary School at The Art Institue, Colorado. Pada tahun 1993, ia mulai bekerja di Kenichi-Aspen sebagai “Sushi Prep Cook” juga setelahnya di rekrut untuk Kenichi-Austin, Texas dan Kenichi-Kona, Hawaii dimana ia bekerja sebagai “Opening Chef”.

Dengan menyatukan hasratnya pada petualangan, travel, dan penjelajahan dunia kuliner, Chef Back memutuskan untuk tur secara ekstensif pada sekeliling Jepang dan Eropa, berguru pada koki-koki selebriti papan atas dan para pemimpin-pemimpin industry diantaranya, Masaharu Morimoto dan Brian Nagao. Selama periode ini Chef Back telah mempelajari nilai daripada menggunakan bahan-bahan yang langka dan eksotis. Di tahun 2003, Chef Back kembali ke Aspen untuk memimpin dapur sebagai seorang Executive Chef di restoran Nobu Matsuhisa’s Namesake.

Sepanjang karirnya yang termasyhur, Chef Akira Back telah di anugerahkan penghargaan yang bernama “Rising Star” oleh Restaurant Hospitality di tahun 2008 dan juga telah meraih kehormatan istimewa dengan menjadi tuan rumah pada perhelatan bergengsi yaitu “James Beard House Dinners” pada tahun 2008, 2010, 2011,dan 2012.

Sejak mulai membuka Yellowtail Restaurant and Lounge pada tahun 2008, telah dinamai sebagai “Best Chef in Las Vegas” oleh Las Vegas Weekly. Chef Backjuga ikut berpartisipasi pada beberapa acara kuliner paling bergengsi di dunia diantaranya, Aspen Food and Wine festival, Pebble Beach food and Wine Festival dan Bon Appetit’s Vegas Uncork’d.

Sebagai tambahan atas penghargaan-penghargaan papan atas ini, Chef Akira Back juga telah memiliki pengalaman broadcast yang luas dengan tampil di jaringan kuliner “ Iron Chef America” dimana ia bertarung melawan Iron Chef Bobby Flay. Chef juga dapat dijumpai pada acara “The Today Show” , “Food Networks” dan “Best Thing I Ever Ate” milik channel NBC dan juga “Success Mentor” pada channel KBS yang disiarkan di Korea.